Sistem Informasi | Telkom University

Category: Uncategorized

My Favorite Data Visualisation Video On Youtube

Here is my favorites data visualization video on Youtube in 2020:

  1. Most Popular Baby Boy Names (1880 – 2020) https://youtu.be/L-hYlpuZdeA
  2. Most Popular Baby Girl Names (1880 – 2020) https://youtu.be/t94CuFmxwdg
  3. Most Common Crimes In The US (1999 – 2020) https://youtu.be/-DrRmMdYCDs
  4. Total Population of the ASEAN Countries (1960-2020) https://youtu.be/Red5XfvS2is
  5. e-Commerce Paling Banyak Dikunjungi di Indonesia (2017 – 2020) https://youtu.be/MsKiUMmDomI

Best Data Visualisation Channel on Youtube:

The Daily Datum: https://www.youtube.com/channel/UCCDWxdGHVha50vkDfa7EvTw

Best Data Visualisation Playlist:
https://www.youtube.com/watch?v=L-hYlpuZdeA&list=PLoHamNkMnU84VIeDqzA3cqikpKp4e1IBQ

Geladi 2016 PT. Telekomunikasi Indonesia Witel NTB

LEMBAR PENGESAHAN

LAPORAN AKHIR KEGIATAN GELADI 2016

DI PT. TELEKOMUNIKASI INDONESIA WITEL NTB

Disusun dan diajukan untuk memenuhi salah satu persyaratan mata kuliah Geladi Program Studi Strata 1 Sistem Informasi Universitas Telkom

Penyusun:

IMAM FAHRURROZI

NIM. 1202144214

Laporan ini dibuat sebagai hasil Geladi di PT. Telekomunikasi Indonesia Witel NTB Mataram, yang dilaksanakan pada tanggal 26 Mei 2016 – 10 Juli 2016

Disetujui dan disahkan :

Mataram, … ….. 2016

Disetujui oleh

Pembimbing Lapangan                                                                   Penyusun

I Ketut Mandi Arta                                                                               Imam Fahrurrozi

NIK. 650662                                                                                        NIM. 1202144214

 

ABSTRAK

Geladi merupakan suatu program kulikuler yang dirancang untuk menciptakan pengalaman kerja tertentu bagi mahasiswa 10 prodi di Universitas Telkom yang telah menempuh perkuliahan selama empat semester. Dengan melaksanakan Geladi, mahasiswa dilatih untuk mengenal dan menghayati ruang lingkup pekerjaan dilapangan , guna mengadaptasi diri dengan lingkungan untuk melengkapi proses belajar yang didapat dibangku kuliah. Geladi ini dilaksanakan mulai tanggal 23 Mei 2016 sampai 1 Juli 2016, namun untuk di PT. Telkom Indonesia geladi dimulai 26 Mei 2016 hingga 1 Juli 2016.

Pada kesempatan kali ini, saya mengikuti geladi di Witel Telkom NTB. Hari kerja di PT. Telkom NTB yaitu senin s/d jumat (pukul 08:00 s/d 17:00 WITA)

Dalam waktu 6 minggu pelaksanaan geladi, mahasiswa diharapkan memiliki pengalaman dunia kerja dan ilmu – ilmu dan keahlian pada bidang tertentu untuk bekal kedepannya, memecahkan masalah yang harus dihadapi, melatih berfikir dan kreatifitas mahasiswa.

DAFTAR ISI

LEMBAR PENGESAHAN.. 1

ABSTRAK.. 2

DAFTAR ISI. 3

BAB 1. 4

PENDAHULUAN.. 4

1.1         Latar Belakang. 4

1.2         Profil Perusahaan. 4

1.3         Struktur Organisasi Perusahaan. 7

1.4         Rumusan Masalah. 7

1.5         Struktur Organisasi 8

1.6         Batasan Masalah. 8

1.7         Tujuan Pelaksaaan Geladi 8

1.8         Waktu dan Tempat Pelaksaan Geladi 9

BAB 2. 10

TINJAUAN TEORI. 10

BAB 3. 13

PELAKASANAAN GELADI. 13

3.1 Rencana Geladi 13

3.2 Pelaksanaan Geladi 13

BAB 4. 16

PENUTUP. 16

Kesimpulan. 16

Saran. 16

BAB 1

PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang

Geladi merupakan program perkuliahan yang dilaksanakan oleh mahasiswa Telkom University yang telah menempuh perkuliahan selama 4 semester bagi mahasiswa program S1 dan 2 semester bagi mahasiswa program D3. Pelaksanaan geladi ini tidak berbentuk kegitan belajar mengajar yang biasa dilakukan di dalam kelas, melainkan dilaksanakan langsung dalam lingkungan dunia kerja. Melalui kegiatan ini mahasiswa diharapkan dapat memahami seperti apa dunia kerja sehingga mampu mempersiapkan diri ketika saatnya nanti turun langsung ke dunia kerja.

Dalam pelaksanaan geladi ini mahasiswa akan melakukan pekerjaan sesuai dengan kemampuan yang mereka miliki, juga dapat mengimplementasikan ilmu yang telah dipelajari selama masa perkuliahan dalam pekerjaan. Dalam hal ini saya ditempatkan di divisi WOC (Witel Operation Center) yang mengurus pemasangan baru untuk pelanggan Indihome.

1.2  Profil Perusahaan

Telkom Group adalah satu-satunya BUMN telekomunikasi serta penyelenggara layanan telekomunikasi dan jaringan terbesar di Indonesia. Telkom Group melayani jutaan pelanggan di seluruh Indonesia dengan rangkaian lengkap layanan telekomunikasi yang mencakup sambungan telepon kabel tidak bergerak dan telepon nirkabel tidak bergerak, komunikasi seluler, layanan jaringan dan interkoneksi serta layanan internet dan komunikasi data. Telkom Group juga menyediakan berbagai layanan di bidang informasi, media dan edutainment, termasuk cloud-based and server-based managed services, layanan e-Payment dan IT enabler, e-Commerce dan layanan portal lainnya.

Berikut penjelasan portofolio bisnis Telkom:

Telecommunication

Telekomunikasi merupakan bagian bisnis legacy Telkom. Sebagai ikon bisnis perusahaan, Telkom melayani sambungan telepon kabel tidak bergerak Plain Ordinary Telephone Service (”POTS”), telepon nirkabel tidak bergerak, layanan komunikasi data, broadband, satelit, penyewaan jaringan dan interkoneksi, serta telepon seluler yang dilayani oleh Anak Perusahaan Telkomsel. Layanan telekomunikasi Telkom telah menjangkau beragam segmen pasar mulai dari pelanggan individu sampai dengan Usaha Kecil dan Menengah (“UKM”) serta korporasi.

Information

Layanan informasi merupakan model bisnis yang dikembangkan Telkom dalam ranah New Economy Business (“NEB”). Layanan ini memiliki karakteristik sebagai layanan terintegrasi bagi kemudahan proses kerja dan transaksi yang mencakup Value Added Services (“VAS”) dan Managed Application/IT Outsourcing (“ITO”), e-Payment dan IT enabler Services (“ITeS”).

Media

Media merupakan salah satu model bisnis Telkom yang dikembangkan sebagai bagian dari NEB. Layanan media ini menawarkan Free To Air (“FTA”) dan Pay TV untuk gaya hidup digital yang modern.

Edutainment

Edutainment menjadi salah satu layanan andalan dalam model bisnis NEB Telkom dengan menargetkan segmen pasar anak muda. Telkom menawarkan beragam layanan di antaranya Ring Back Tone (“RBT”), SMS Content, portal dan lain-lain.

Services

Services menjadi salah satu model bisnis Telkom yang berorientasi kepada pelanggan. Ini sejalan dengan Customer Portfolio Telkom kepada pelanggan Personal, Consumer/Home, SME, Enterprise, Wholesale, dan Internasional.

Sebagai perusahaan telekomunikasi, Telkom Group terus mengupayakan inovasi di sektor-sektor selain telekomunikasi, serta membangun sinergi di antara seluruh produk, layanan dan solusi, dari bisnis legacy sampai New Wave Business. Untuk meningkatkan business value, pada tahun 2012 Telkom Group mengubah portofolio bisnisnya menjadi TIMES (Telecommunication, Information, Media Edutainment & Service). Untuk menjalankan portofolio bisnisnya, Telkom Group memiliki empat anak perusahaan, yakni PT. Telekomunikasi Indonesia Selular (Telkomsel), PT. Telekomunikasi Indonesia International (Telin), PT. Telkom Metra dan PT. Daya Mitra Telekomunikasi (Mitratel).

 

Visi dan Misi

  • Visi

”Be The King of Digital in The Region”

  • Misi

“Lead Indonesian Digital Innovation and Globalization”

 

Corporate Culture :  The Telkom Way

Basic Belief             :  Always The Best

Core Values            :  Solid, Speed, Smart

Key Behaviours      : Imagine, Focus, Action

 

Inisiatif Strategis

Pusat keunggulan.Fokus pada portofolio dengan pertumbuhan atau value yang tinggi.Percepatan ekspansi internasional.Transformasi biaya.Pengembangan IDN (id-Access, id-Ring, id-Con).Indonesia Digital Solution (“IDS”) – layanan konvergen pada solusi ekosistem digital.Indonesia Digital Platform (“IDP”) – platform enabler untuk pengembangan ekosistem.Eksekusi sistem pengelolaan anak perusahaan terbaik.Mengelola portofolio melalui BoE dan CRO.Meningkatkan sinergi di dalam Telkom Group.

1.3  Struktur Organisasi Perusahaan

1.4  Rumusan Masalah

  1. Bagaimana keadaan lingkungan kerja di tempat geladi?
  2. Apa saja kendala yang dihadapi selama proses geladi?
  3. Apa saja pelajaran yang didapatkan selama proses geladi?
  4. Kegiatan apa saja yang dilakukan selama proses geladi?

1.5  Struktur Organisasi

1.6  Batasan Masalah

  1. Keadaan lingkungan kerja di tempat geladi
  2. Kendala yang dihadapi selama proses geladi
  3. Pelajaran yang dapat diambil selama proses geladi
  4. Kegiatan yang dilakukan selama proses geladi

1.7  Tujuan Pelaksaaan Geladi

  1. memberikan pengalaman praktek kerja dan penyelesaian masalah pekerjaan yang timbul di lapangan sekaligus mengukur implementasi keilmuan dan keterampilan di dunia kerja;
  2. meningkatkan keterampilan dan wawasan, baik dalam hal kompetensi hardskill (yakni kemampuan teknis) maupun softskill (yakni kemampuan menyesuaikan diri, perilaku positif, dan semangat kerja tim);
  3. mengisi masa libur antar tahun akademik mahasiswa dengan kegiatan positif yang menunjang pengetahuan dan keahliannya;
  4. memperlengkapi mahasiswa dengan gambaran nyata mengenai serba-serbi lingkungan kerja, mulai dari jenis pekerjaan tingkat bawah sampai dengan tingkat yang lebih tinggi.

1.8  Waktu dan Tempat Pelaksaan Geladi

Adapun kegiatan geladi dilakukan kurang lebih selama enam minggu pada waktu dan tempat berikut ini:

Waktu              : 26 Mei 2016 – 01 Juli 2016

Tempat : Witel Telkom Indonesia Mataram NTB

Divisi               : WOC (Titel Operation Center)

BAB 2

TINJAUAN TEORI

  • Budaya Perusahaan (The Telkom Way)

Sistem dan budaya terus dikembangkan sesuai dengan tuntutan dan perubahan bisnis untuk mewujudkan cita-cita agar Telkom terus maju, dicintai pelanggannya, kompetitif di industrinya dan dapat menjadi role model perusahaan. Sejak tahun 2009 dilakukan transformasi budaya baru perusahaan yang disebut dengan “The Telkom Way”. Pengembangan budaya selanjutnya, dilakukan pada tahun 2013 dengan ditetapkannya Arsitektur Kepemimpinan dan Budaya Perusahaan (AKBP) Telkom Group. Secara lengkap budaya perusahaan digambarkan sebagai berikut.

  1. Philosophy of the Best: Always the Best

Adalah sebuah basic belief untuk selalu memberikan yang terbaik dalam setiap pekerjaan. Always the Best memiliki esensi “Ihsan” yang dalam pengertian ini diterjemahkan “terbaik”. Philosophy to be the Best: Always the Best menuntut setiap insan Telkom Group memiliki integritas (integrity), antusiasme (enthusiasm), dan totalitas (totality).

  1. Principles to be the Star

Adalah 3S yakni Solid, Speed, Smart yang sekaligus menjadi core values atau great spirit. Solid – Seluruh insan Telkom Group harus memberikan yang terbaik dan meningkatkan soliditas di antara seluruh insan Telkom Group sebagai satu Great Team. Speed – Segenap insan Telkom Group harus bekerja cepat dalam setiap kesempatan untuk memenangkan persaingan. Karena yang cepat akan mengalahkan yang lambat. Smart – Seluruh insan Telkom Group dituntut bekerja smart, yaitu memahami tujuan yang ingin dicapai, menentukan prioritas dan selalu mencari cara baru yang lebih baik untuk mencapai tujuan.

  1. Practices to be the Winner

Adalah IFA yakni Imagine, Focus, Action sekaligus sebagai Key Behaviors.

  • What is Next Generation OSS

Seiring dengan perkembangan teknologi perangkat yang mendukung broadband, TELKOM terus berupaya mencari solusi atau sistem yang mampu menyediakan : Service modelling and planning tool yang bisa memetakan service impacting events dengan service quality treshold
– Scalable, flexible and reliable data mediation platform
– Real time flexible thresholding platform with rich formula builder
– Tool yang bisa mengkorelasikan threshold crossing alert dengan service impact untuk predictive analytics.

Ini semua diperlukan karena TELKOM semakin menyadari bahwa memperbaiki Customer Experience melalui metoda customer centric menjadi isu penting di industri telekomunikasi dan digital media services. TELKOM harus bisa memantau dan mengelola experience dan kepuasan pelanggan, baik dalam level individual maupun level agregate dalam interval jangka waktu tertentu. Keberadaan sistem Next Generation OSS dapat meningkatkan efektifitas dan efisiensi pengelolaan jaringan secara end to end serta mendukung operasional dan pemeliharaan layanan secara terpadu sehingga secara umum kecepatan, akurasi respon, dan kualitas layanan bisa ditingkatkan dengan menjaga keandalan alat produksi secara konsisten dan terkontrol

  • OSM (Order Service Management)

OSM merupakan aplikasi yang dibuat untuk membantu customer dalam menyelesaikan tantangan pada manajemen lifecycle dari sebuah order. OSM memiliki kemampuan untuk melakukan sinkronisasi Offers, desain proses pemenuhan service, proses fallout management secara otomatis serta kemampuan in-flight change pada suatu order.
OSM berfungsi untuk melakukan koordinasi terhadap fungsi-fungsi yg dibutuhkan untuk menyelesaikan order seorang pelanggan yang diterima dari sistem CRM.
Ketika sebuah order berada pada proses penyelesaian(fulfillment), pengguna dapat menggunakan aplikasi web client OSM untuk memonitor dan mengatur order yang sedang berada pada proses tersebut. Selain melakukan monitoring, pengguna juga melakukan beberapa task secara manual apabila dikehendaki.

  • Basis data Oracle

Basis data Oracle adalah basis data relasional yang terdiri dari kumpulan data dalam suatu sistem manajemen basis data RDBMS. Perusahaan perangkat lunak Oracle memasarkan jenis basis data ini untuk bermacam-macam aplikasi yang bisa berjalan pada banyak jenis dan merk perangkat keras komputer (platform).

Basis data Oracle ini pertama kali dikembangkan oleh Larry Ellison, Bob Miner dan Ed Oates lewat perusahaan konsultasinya bernama Software Development Laboratories (SDL) pada tahun 1977. Pada tahun 1983, perusahaan ini berubah nama menjadi Oracle Corporation sampai sekarang.

  • Indihome

IndiHome merupakan layanan TriplePay dari Telkom dengan layanan Usee TV (IP TV), Internet on Fiber, dan telepon rumah. Dengan menggunakan teknologi fiber optic. Layanan ini merupakan produk unggulan dari PT Telkom Indonesia yang saat ini tengah gencar dipromosikan dan telah tersedia hampir di seluruh wilayah Indonesia. Layanan IndiHome ini memilih netizen sebagai target segmen pasarnya.

BAB 3

PELAKASANAAN GELADI

3.1 Rencana Geladi

Rencana kegiatan GELADI 2016 akan dilaksanakan mulai tanggal 26 Mei 2016 sampai dengan 1 Juli 2016. Kegiatan GELADI 2016 yang dilaksanakan di kantor WITEL Nusa Tenggara Barat dimulai dengan pembagian divisi. Divisi yang didapat peserta adalah WOC (Witel Operation Center). Setelah itu, melaksanakan segala tugas yang diberikan oleh pembimbing lapangan.

3.2   Pelaksanaan Geladi

Minggu Ke- URAIAN KEGIATAN
1 –          Peserta geladi dertemu manager HR kemudian dikenalkan dengan divisi-divisi yang ada diperusahaan

–          Masing-masing peserta geladi itempatkan ke divisi-divisi yang ada (saya kebagian di divisi WOC)

–          Di WOC dikenalkan dengan aplikasi OSMdan starclick yang merupakan aplikasi yang biasa digunakan disana.

–          Diberikan akun untuk mengakses  OSM dan Starclick

–          Membantu memfilter data

–          Membantu mengidentifikasi WFM, SOM, TOM serta status tasknya dengan diberikan nomer SC

2 –          Membantu mengidentifikasi WFM, SOM, TOM serta status tasknya dengan diberikan nomer SC

–          Bertemu dan berkenalan dengan Pembimbing Lapangan

Mengamati acara sosisalisasi penggunaaan aplikasi NOSSF yang dilakukan diruangan WOC

–          Bertemu  GM WTITEL NTB dan diberi wejangan dan penjelasan tentang the telkom way

–          Menyusun laporan geladi

3 –          Membantu mengidentifikasi WFM, SOM, TOM serta status tasknya dengan diberikan nomer SC

–          Rapat Gen-Y membahas acara Funtastic, Kids go to office dan Budaya Telkom

–          Rapat dengan GM Witel Mataram membahas acara Funtastic 5, Kids go to office dan Budaya Telkom

–          Kerumah-rumah pelanggan untuk sosialisasi migrasi tembaga ke fiber optik

–          Menyusun laporan geladi

4 –          Membantu mengidentifikasi WFM, SOM, TOM serta status tasknya dengan diberikan nomer SC

–          Rapat Gen-Y membahas acara Funtastic, Kids go to office dan Budaya Telkom

–          Membantu mengidentifikasi WFM, SOM, TOM serta status tasknya dengan diberikan nomer SC

–          Membantu Karyawan karyawan yang belum mempunyai akun twitter untuk dibuatkan akun, guna mendukung Witel Mataram dalam acara Funtastic 5

5 –          Membantu Karyawan karyawan yang belum mempunyai akun twitter untuk dibuatkan akun, guna mendukung Witel Mataram dalam acara Funtastic 5

–          Membantu mengidentifikasi WFM, SOM, TOM serta status tasknya dengan diberikan nomer SC

–          Rapat Gen-Y membahas acara Funtastic, Kids go to office yang akan diadakan tanggal 23 Juni 2016

–          Acara kids go to office

–          Menemani adik-adik peserta kids go to office untuk berkunjung ke ruangan-ruangan divisi yang ada di kantor Witel Mataram

–          Menyusun laporan geladi

6 –          Membantu mengidentifikasi WFM, SOM, TOM serta status tasknya dengan diberikan nomer SC

–          Menyusun laporan geladi

–          Buka Bersama GM Witel NTB dan beberapa pegawai lainnya

–          Mendengarkan wejangan dari bapak GM

 

BAB 4

PENUTUP

Kesimpulan

Kegiatan geladi ini terasa sangat bermanfaat karena memberikan pengalaman kerja kepada mahasiswa. Terlebih lagi geladi diadakan saat libur akademik sehingga liburan terasa lebih terisi untuk hal yang lebih berguna. Untuk geladi 2016 ini, saya mendapatkan kesempatan untuk geladi di PT Telekomunikasi Indonesia WITEL Mataram NTB. Lingkungan kerja disini cukup sudah cukup baik dan kondusif, namun ada beberapa hal yang mungkin bisa ditingkatkan lagi seperti AC yang sering mati diruangan. Terlebih ruangan yang saya tempati banyak orangnya dan ruangan tertutup terkadang sampai keringetan kalau cuaca sedang panas. Bisa dibilang geladi kali ini berjalan dengan baik walaupun diadakan dibulan ramadhan yang tentu membutuhkan usaha extra.

Saran

Banyak hal yang didapatkan selama proses geladi ini. Tentu ada beberapa yang kedapannya perlu dipeberbaiki. Adapun saran yang bisa diberikan sebagai berikut:

  • Untuk diri sendiri: semoga kedepannya bisa lebih disiplin terutama masalah waktu.
  • Untuk Telkom Witel NTB: terdapat fasilitas di beberapa ruangan ada yang sudah tidak bisa digunakan seperti pendingin ruangan dan sebagainya. Semoga kedepannya bisa diperbaiki karena ini juga berhubungan dengan kenyamanan pekerja.