• Sistem InformasiData : Keterangan Dasar hal, kejadian, kegiatan, dan transaksi yang dicatat, yang diklasifikasikan, dan disimpan tetapi tidak diorganisasikan untuk menyampaikan arti tertentu
  • informasi : Data yang telah terorganisir sehingga mereka memiliki makna dan nilai kepada penerima
  • pengetahuan : Informasi yang telah terorganisir dan diproses untuk menyampaikan pemahaman, pengalaman, dan keahlian
  • kebijaksanaan :pengaplikasian pengetahuan dalam tindakan

Hirarki Data

  • —Bit: Unit terkecil dari data
  • —Byte: Kelompok bit yang menggambarkan karakter
  • —Field: Kumpulan karakter secara logik yang terbentuk ke dalam kata, kumpulan kata atau kumpulan angka
  • —Record : kumpulan field yang saling berhubungan secara logical
  • —Table : Kumpulan dari beberapa record yang saling terhubung secara logical
  • —File : Kumpulan dari beberapa tabel yang dikelompokkan berdasarkan kategori tertentu
  • —Database : kumpulan file yang saling terhubung secara logical

Jenis Data

  • Teks  : sederetan huruf, angka, dan simbol-simbol khusus yang kombinasinya tidak tergantung pada masing-masing item secara individual
  • —Gambar : data dalam bentuk gambar
  • —Audio : data dalam bentuk suara
  • —Video : data dalam bentuk sejumlah gambar bergerak (bisa dilengkapi suara)

Informasi dalam suatu lingkungan sistem informasi harus mempunyai persyaratan umum sebagai berikut :

  1. harus diketahui oleh penerima sebagai referensi yang tepat
  2. harus sesuai dengan kebutuhan yang ada dalam proses pembuatan / pengambilan keputusan
  3. harus mempunyai nilai surprise, yaitu hal yang sudah diketahui hendaknya jangan diberikan
  4.  harus dapat menuntun pemakai untuk membuat keputusan. Suatu keputusan tidak selalu menuntut adanya tindakan.
Informasi dalam manajemen modern
  1. —Manajemen Modern:  Manusia, Material, Mesin, Modal, Informasi
  2. —Manajemen Informasi :  segala kegiatan yang berkaitan dengan pemerolehan informasi, penggunaan informasi seefektif mungkin, dan pembuangan informasi (yang tidak berguna) pada waktu yang tepat.
  3. —Manajemen Informasi : operasi-operasi internal yang mengatur sumber daya informasi dalam perusahaan untuk mendukung kinerja dan hasil bisnis.

Kualitas informasi

1.  —Akurasi dan Presisi
  • Akurasi à derajat kebenaran dan keandalan informasi.
  • Presisi à kerincian suatu informasi
Penyebab ketidakakurasian:
  • Metode pengukuran dan pengumpulan data yang salah
  • Tidak mengikuti prosedur pengolahan yang benar
  • Data hilang atau tidak terolah
  • Kesalahan mencatat atau mengoreksi
  • Kesalahan prosedur pengolahan

2. —Usia informasi, ketepatan waktu, rentang waktu

  • Usia informasi : lama waktu sejak informasi dihasilkan hingga saat ini
  • Ketepatan waktu :informasi tidak kadaluwarsa ketika sampai ke penerima, sehingga masih dapat digunakan untuk pengambilan keputusan.
  • Rentang waktu : selang waktu yang digunakan untuk mencakup data
—3. Keringkasan dan kelengkapan
  • Terjadi information overload : informasi terlalu rinci sehingga membingungkan.
  • Informasi perlu diringkas, berupa iktisar
4. —Kemudahan akses
  • Pihak-pihak yang berkompeten dengan informasi dilengkapi dengan perlatan untuk pengaksesan informasi
—Relevansi dan Nilai
  1. Relevan : informasi benar-benar memberikan manfaat bagi pemakai
  2. Nilai informasi : bernilai jika manfaatnya lebih efektif jika dibandingkan dengan biaya untuk mendapatkannya.
  • –Tinggi : jika informasi mengurangi ketidakpastian seseorang untuk mengambil keputusan
  • –Rendah : informasi kurang memberikan relevansi bagi penggunanya

Unit Fungsional Sistem Bisnis

  • —Unit Sumber Daya Manusia (SDM) : Bagian yang bertugas dalam manajemen SDM perusahaan
  • —Unit Keuangan :   Bagian yang bertugas dalam mencatat dan manajemen keuangan perusahaan
  • —Unit Operasional :  Bagian yang bertugas untuk menjalankan fungsi utama bisnis perusahaan
  • —Unit Marketing dan Penjualan :  Bagian yang bertugas untuk berkomunikasi dengan pelanggan dan menjual produk/jasa perusahaan