- Data : Keterangan Dasar hal, kejadian, kegiatan, dan transaksi yang dicatat, yang diklasifikasikan, dan disimpan tetapi tidak diorganisasikan untuk menyampaikan arti tertentu
- informasi : Data yang telah terorganisir sehingga mereka memiliki makna dan nilai kepada penerima
- pengetahuan : Informasi yang telah terorganisir dan diproses untuk menyampaikan pemahaman, pengalaman, dan keahlian
- kebijaksanaan :pengaplikasian pengetahuan dalam tindakan
Hirarki Data
- Bit: Unit terkecil dari data
- Byte: Kelompok bit yang menggambarkan karakter
- Field: Kumpulan karakter secara logik yang terbentuk ke dalam kata, kumpulan kata atau kumpulan angka
- Record : kumpulan field yang saling berhubungan secara logical
- Table : Kumpulan dari beberapa record yang saling terhubung secara logical
- File : Kumpulan dari beberapa tabel yang dikelompokkan berdasarkan kategori tertentu
- Database : kumpulan file yang saling terhubung secara logical
Jenis Data
- Teks : sederetan huruf, angka, dan simbol-simbol khusus yang kombinasinya tidak tergantung pada masing-masing item secara individual
- Gambar : data dalam bentuk gambar
- Audio : data dalam bentuk suara
- Video : data dalam bentuk sejumlah gambar bergerak (bisa dilengkapi suara)
Informasi dalam suatu lingkungan sistem informasi harus mempunyai persyaratan umum sebagai berikut :
- harus diketahui oleh penerima sebagai referensi yang tepat
- harus sesuai dengan kebutuhan yang ada dalam proses pembuatan / pengambilan keputusan
- harus mempunyai nilai surprise, yaitu hal yang sudah diketahui hendaknya jangan diberikan
- harus dapat menuntun pemakai untuk membuat keputusan. Suatu keputusan tidak selalu menuntut adanya tindakan.
Informasi dalam manajemen modern
- Manajemen Modern: Manusia, Material, Mesin, Modal, Informasi
- Manajemen Informasi : segala kegiatan yang berkaitan dengan pemerolehan informasi, penggunaan informasi seefektif mungkin, dan pembuangan informasi (yang tidak berguna) pada waktu yang tepat.
- Manajemen Informasi : operasi-operasi internal yang mengatur sumber daya informasi dalam perusahaan untuk mendukung kinerja dan hasil bisnis.
Kualitas informasi
1. Akurasi dan Presisi
- Akurasi à derajat kebenaran dan keandalan informasi.
- Presisi à kerincian suatu informasi
Penyebab ketidakakurasian:
- Metode pengukuran dan pengumpulan data yang salah
- Tidak mengikuti prosedur pengolahan yang benar
- Data hilang atau tidak terolah
- Kesalahan mencatat atau mengoreksi
- Kesalahan prosedur pengolahan
2. Usia informasi, ketepatan waktu, rentang waktu
- Usia informasi : lama waktu sejak informasi dihasilkan hingga saat ini
- Ketepatan waktu :informasi tidak kadaluwarsa ketika sampai ke penerima, sehingga masih dapat digunakan untuk pengambilan keputusan.
- Rentang waktu : selang waktu yang digunakan untuk mencakup data
3. Keringkasan dan kelengkapan
- Terjadi information overload : informasi terlalu rinci sehingga membingungkan.
- Informasi perlu diringkas, berupa iktisar
4. Kemudahan akses
- Pihak-pihak yang berkompeten dengan informasi dilengkapi dengan perlatan untuk pengaksesan informasi
Relevansi dan Nilai
- Relevan : informasi benar-benar memberikan manfaat bagi pemakai
- Nilai informasi : bernilai jika manfaatnya lebih efektif jika dibandingkan dengan biaya untuk mendapatkannya.
- Tinggi : jika informasi mengurangi ketidakpastian seseorang untuk mengambil keputusan
- Rendah : informasi kurang memberikan relevansi bagi penggunanya
Unit Fungsional Sistem Bisnis
- Unit Sumber Daya Manusia (SDM) : Bagian yang bertugas dalam manajemen SDM perusahaan
- Unit Keuangan : Bagian yang bertugas dalam mencatat dan manajemen keuangan perusahaan
- Unit Operasional : Bagian yang bertugas untuk menjalankan fungsi utama bisnis perusahaan
- Unit Marketing dan Penjualan : Bagian yang bertugas untuk berkomunikasi dengan pelanggan dan menjual produk/jasa perusahaan
Leave a Reply